Senin, 11 Agustus 2008

IDEOLOGI KAMMI

Alhamdulillah, ikhwafillah sekalian Allah telah mengumpulkan kita bersama-sama dalam gerbong dakwah dengan nama ”KAMMI” ini. Harapan kita adalah semoga Allah meneguhkan hati-hati kita untuk tetap istiqamah dan komitment dengan jalan ini, jalan yang secara sadar menjadi pilihan kita sampai akhirnya nanti Allah berkenan memisahkan kita dengan segala kenikmatan dan gemerlap dunia ini. Sesungguhnya Allah telah memberikan dua potensi dasar dalam diri kita sekaligus menjadi modal bagi kita dalam berbuat dan bertindak semasa hidup ini, yaitu potensi taqwa dan potensi kefasikan (”fa alhamahaa fujuuraha wa taqwaaha”(Asy-Syams:8). Allah telah memberikan hak itu kepada kita, potensi mana yang akan kita pupuk sehingga tumbuh subur di dalam diri kita kemudian batangnya tumbuh kokoh dan menjulang dan akarnya menghunjam ke bumi dan buahnya lebat. Semoga iltizam kita tetap terjaga untuk senantiasa memelihara potensi taqwa itu sehingga mampu menjadikan jiwa-jiwa ini senantiasa hidup dan memancarkan cahaya Rabbani, mencerminkan nilai-nilai Islam dan menyuarakan pembebasan terhadap keterjajahan jiwa dan bangsa kita dari segala perbuatan syaithan dan segala derivatenya.

Ikhwafillah, ingatlah bahwa KAMMI sebagai washilah dakwah kita sejak kelahirannya telah menjadikan Islam ideologi yang menempati posisi asasi. Ingatlah bahwa ideologi gerakan kita dirumuskan dalam 6 item yang mesti senantiasa kita pegang erat-erat, yaitu :

1. Kemenangan Islam adalah jiwa perjuangan KAMMI

KAMMI meyakini sepenuhnya bahwa kemenangan Islam adalah janji Allah yang pasti ditunaikan dan sebuah aksioma dalam kamus perjuangan umat. Inilah bahan bakar perjuangan KAMMI yang menyalakan api di setiap dada, cahayanya tak akan pernah redup, pancaranny menghangatkan jiwa dan benderangnya menerangi langkah demi langkah perjuangan ini.
”Dan sesungguhnya telah kami tulis dalam zabur sesudah (kami tulis) lauh mahfudz bahwasanya bumi diwarisi oleh hamba-hambaku yang shalih” (QS: Al-anbiya : 105)
”Allah telah menetapkan,”Aku dan Rasul-Ku pasti menang. Sesungguhnya Allah maha kuat lagi maha perkasa”(QS; Al-Mujadilah: 21)
Kita yakin bahwa pertolongan Allah itu amat dekat bagi orang-orang yang berjihad dan berkorban, bagi mereka yang mengharapkan pertemuan dengan Allah Swt dan dekat dengan mereka yang ikhlas.

2. Kebatilan adalah musuh abadi KAMMI

Kebathilan dan segala bentuknya adalah penyakit yang menyengsarakan umat manusia. Oleh karena itu kebathilan harus diperangi dan dimusuhi. Menjadi tugas KAMMI untuk menyadarkan umat akan hakikat kebathilan, karena KAMMI yakin mengenal kebathilan adalah bagian dari integrasi Islam. KAMMI yakin sepenuhnya bahwa Al-qur’an dan As-sunnah adalah satu-satunya standard penentu terhadap segala bentuka kebathilan. KAMMI menyatakan perang terhadap segala bentuk kebathilan. Kebathilan selamanya menjadi musuh abadi KAMMI sampai tiba saatnya Allah menghancurkan kebathilan itu melalui tangan-tangan para prajurit kebenaran.

3. Solusi Islam adalah tawaran perjugangan KAMMI

KAMMI menyakini sepenuhnya bahwa Islam adalah satu-satunya jalan yang mengantarkan perjuangan umat ini kepada kebahagiaan. Islam adalah titik tolak perjuangan, metode dan jalan sebagaimana Islam adalah juga tujuan. KAMMI meyakini sepenuhnya bahwa hanya Islam yang mampu mengembalikan kemanusiaan manusia, menyeimbangkan antara ruh dan jasad, memadukan antara jasmani, akal dan ruhani, dan membawa manusia menuju keutuhan peradaban.
” sesungguhnya telah kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang didalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tidak memahaminya” (QS; Al-Anbiya: 10)

4. Perbaikan adalah tradisi perjuangan KAMMI

KAMMI melandaskan gerakannya pada prinsip ishlah (perbaikan) mulai dari perbaikan individu, keluarga, masyarakat sampai perbaikan bangsa dan negara. KAMMI sedapat mungkin menghindari gerakan atau aktivitas yang membawa kerusakan meskipun ada manfaat di baliknya. Prinsip ini jelas karena menghindari kerusakan lebih diutamakan dari pada mengambil manfaat. Seluruh aktivitas dan gerak KAMMI senantiasa berorientasi pada pemeliharaan agama, akal, jiwa, kehormatan dan harta benda manusia, sebagaimana KAMMI juga akan memerangi setiap upaya yang bertujuan untuk merusaknya.

5. Kepemimpinan ummat adalah strategi perjuangan KAMMI

KAMMI yakin bahwa kebahagiaan di Indonesi akan tercapai jika amar makruf nahi mungkar ditegakkan dan nilai-nilai Islam mewarnai kehidupan masyarakat. Semua itu akan terwujud dengan baik manakala umat Islam berperan memimpin negeri ini, sebab keshalihan masyarakat akan lebih terjaga bila keshalihan pemimpin telah terwujud.

6. Persaudaraan adalah watak perjuangan KAMMI

KAMMI akan senantiasa menjalain persaudaraan dengan seluruh komponen masyarakat yang memiliki visi perbaikan untuk bangsa ini. Hal ini disebabkan oleh karena KAMMI yakin bahwa upaya membangun bangsa tidak mungkin terwujud jika hanya dilakukan oleh sekelompok anak bangsa tanpa melibatkan yang lain. Sementara kerja sama dalam hal ini membutuhkan jiwa persaudaraan dengan sesama muslim dan organisasi Islam. KAMMI berpegang teguh dengan firman Allah :
”sesungguhnya orang-orang mukmin bersaurara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat”.(Al-hujurat : 10)
”dan tolong menolonglah kamu dalam kebaikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran”.(QS; al-Maidah : 2)
Adapun dengan umat lain dan organisasinya , Islam mengajarkan :
”Allah tiada melarang kamu untuk berbuat naik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawan orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan maka mereka itulah orang-orang yang zhalim”(al-Mumtahanah : 8-9)

Oleh : Iwan Kurniawan
Sekretaris Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia
Daerah Riau
















1 komentar:

Eddy Syahrizal mengatakan...

subhanallah! Allah Akbar akhirnya situs KAMMI RIAU yang dulu hibernasi sekarang bangun lagi melalui blog ini. Menerima kontributor tak ? Ana bersedia loh. (ih narsis nggak ya...?!)

gimana pak/Ibu Admin diijabah tak permohonan ana ini salam Jihad

SPIRIT DAKWAH